Minggu, 30 September 2012

PROFIL AQSA WORKING GROUP (AWG)





PROFIL LEMBAGA
Nama Lembaga
:
Aqsa Working Group (AWG)
Badan Hukum
:
Terdaftar pada Depkumham serta Akte Notaris Sakuri, SH  No : 01 tanggal 21 Oktober 2008M atas nama Yayasan “Al-AQSA  HAQQUNA”
Fokus Kegiatan
:
Sosial, Keagamaan dan Kemanusiaan
Alamat Kantor
:
Jl. Kayu Jati II No. 4E, Rawamangun, Jakarta
Tlp/Fax +62 21 47861537 
Email      : awg.saveaqsa@gmail.com


LATAR BELAKANG

Setiap muslim yang benar imannya akan menyimpan kerinduan kepada tiga masjid yang disucikan oleh Allah Sang Penguasa Semesta Raya yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa.  Ketiga masjid mulia itu bak magnet menyedot kerinduan dari hati seorang muslim untuk berziarah dan ikut memuliakannya.  Terdorong kerinduan itu maka seorang muslim akan berusaha dengan berbagai daya upaya untuk mendatanginya dan ikut memuliakannya.  Bahkan sejatinya tidak patut seorang muslim bersusahpayah menyiapkan perjalanan kecuali kepada ketiga masjid suci itu sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam

“Tiada diarahkan perjalanan (dengan bersengaja) kecuali kepada tiga masjid; Masjidil Haram, Masjidku (Masjid Nabawi) dan Masjidil Aqsa”

Setiap tahun, bahkan sepanjang tahun, muslimin telah ramai mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk berhaji, berumroh dan berziarah.  Namun tidak banyak yang berkunjung ke Masjidil Aqsa.  Saat ini Masjidil Aqsa berada di bawah penjajahan Israel berikut seluruh wilayah Palestina.  “Tiada Palestina tanpa Jerusalem dan tiada Jerusalem tanpa Al Aqsa” demikian pernah dikatakan oleh salah satu pemimpin Israel, Ben Gurion.  Rezim Zionis Israel membuat berbagai alasan untuk menguasai Masjidil Aqsa.  Sampai detik saat Anda membaca tulisan ini pemerintah Israel terus melakukan penistaan terhadap Masjidil Aqsa hingga cita-cita mereka terwujud yaitu runtuhnya masjid suci itu untuk digantikan dengan kuil Yahudi. 

Setiap Muslimin seharusnya teriris hatinya melihat kondisi Al Aqsa saat ini.  Penjajahan dan penistaan terhadap Masjidil Aqsa harus dihentikan. Kezaliman Pemerintah penjajah Zionis Yahudi Israel terhadap kaum Muslimin di Palestina tidak bisa ditolerir.  Namun demikian belum semua Muslimin menunjukkan kepedulian kepada nasib Al Aqsa.  Menyadari hal tersebut maka adalah sebuah kewajiban bersama untuk menyadarkan kaum Muslimin akan bahaya yang mengancam Al Aqsa.  Bila kesadaran itu sudah mulai bersemi di hati kaum Muslimin maka upaya pembebasan masjid suci itu akan semakin nyata. 

Sesungguhnyalah pembebasan Al Aqsa bukan sekedar merebut kembali sebuah masjid yang dinistakan oleh musuh-musuh Allah.  Lebih dari itu, upaya tersebut adalah sebuah perjuangan mengembalikan dunia di bawah kepemimpinan yang akan merestorasi kedamaian dan keadilan di muka bumi yang pernah terjadi di bawah kekhalifahan Islam.  Aqsa Working Group (AWG) adalah salah satu lembaga yang insya Allah bekerja untuk membangun kesadaran semacam itu dan mengarahkan daya upaya untuk membebas-kan Al Aqsa.


PENDIRI

Pendiri Lembaga ini adalah seluruh komponen ummat yang hadir dalam Al-Aqsha International Conference yang diselenggarakan di Wisma Antara pada tanggal 20 sya’ban 1429H/ 21 Agustus 2008 di Jakarta.  Konferensi tersebut dihadiri oleh lebih dari 71 komponen dari berbagai unsur pimpinan organisasi massa Islam, unsur perwakilan dari kedutaan besar sejumlah negara muslim, unsur pimpinan lembaga pendidikan umum maupun pendidikan islam, unsur pimpinan lembaga da'wah Islam, unsur pimpinan media massa Islam dan sejumlah individu atau perwakilan organisasi yang berpihak kepada perjuangan Islam, terutama pembebasan masjid Al-Aqsa.
Konferensi ini menghasilkan “Deklarasi Jakarta untuk Pembebasan Al-Aqsa”.
Kesadaran tentang kondisi Masjidil Aqsa saat ini mendorong para peserta konferensi tersebut berbulat hati untuk menyatukan langkah demi membebaskan Masjidil Aqsa dan mengembalikannya ke pangkuan muslimin.  Kita semua rindu untuk melihat Al Aqsa terbebaskan.  Kita semua ingin segera sholat bersama di masjid suci itu.


DEFINISI
Aqsa Working Group (AWG)adalah suatu lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa.

VISI
  • Menjadi lembaga yang terpercaya untuk menyatukan langkah muslimin demi kembalinya Masjid Al-aqsha ke pangkuan Muslimin agar bisa beribadah di dalamnya dengan bebas sesuai sunnah.




MISI
  • Melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran kaum Muslimin tentang kewajiban membebaskan Masjid Al-Aqsha sebagai tuntutan Aqidah Islam serta menyatukan langkah muslimin untuk menghimpun semua daya dan upaya demi terbebaskannya Al Aqsa.
TUJUAN
  • AWG dibentuk untuk mewadahi dan mengelola upaya-upaya dalam rangka perjuangan pembebasan masjid al aqsa pada khususnya dan kaum muslimin palestina pada umumnya dari penjajahan zionis israel.
  • pembentukan AWG pun dimaksudkan untuk menghimpun kaum muslimin dalam suatu ikatan yang dijiwai oleh pelaksanaan ukhuwwah Islamiyah yang diarahkan pada perjuangan atau jihad fie sabilillah.

TUGAS POKOK
Sebagaimana dinyatakan dalam deklarasi jakarta, tugas pokok dari AWG adalah sebagai berikut:
1.      Mensosialisasikan dan menyadarkan kaum muslimin untuk membela dan membebaskan masjid Al-Aqsa dari cengkeraman zionis israel.
2.      Memobilisasi seluruh dana dan kekuatan muslimin sedunia untuk pembebaskan Al-Aqsa.
3.      Membuat tahapan kerja (road map) menuju pembebasan Masjid Al-Aqsa.
4.      Membangun jarigan kerja sama (networking) antar segenap muslimin sedunia.
5.      Melakukan usaha-usaha pemberdayaan muslimin Palestina. meliputi: pendidikan, keterampilan dan usaha-usaha lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan muslimin Palestina.
6.      Memfasilitasi pembentukan kelompok kerja serupa di negara-negara berpenduduk Muslim di seluruh dunia.





KEANGGOTAAN
1.      Keangotaan AWG bersifat terbuka dan partisipatif.
2.      Terbuka maksudnya adalah dapat diikuti oleh setiap pribadi siapapun dan dari komponen manapun.
3.      Partisipatif maksudnya adalah setiap anggota diharapakan berpartisipasi aktif dalam perjuangan pembebasan Al-aqsha dan berpatisipasi aktif di dalamnya.
4.      setiap anggota AWG memiliki hak dan Kewajiban yang sama dan bertanggungjawab untuk ikut memajukan AWG.

ORGAN DAN KEPENGURUSAN
Organ AWG adalah terdiri dari tiga komponen utama, yaitu Pembina, Pengurus, dan Anggota Kepengurusan AWG adalah sejumlah orang yang bertugas mengelola atau mengurusi semua kegiatan dalam rangka pelaksanaan tugas pokok AWG. Pengurus AWG dipilihkan dari kalangan muslimin diutamakan unsur penggagas AWG, Tim Perumus dan dapat ditambah perwakilan dari komponen muslimin lainnya. 


Susunan Kepengurusan  Aqsa Working Group (AWG)


 

Dewan Pembina
1.
Ketua
:
Imaamul Muslimin
2.
Anggota
:
Ust. Abul Hidayat Saerodjie
3.
Anggota
:
Ust. Yakhsyallah Mansur
4.
Anggota
:
Ust. Amrozi Rais
5.
Anggota
:
Ust. Ferry Nur
6.
Anggota
:
Ust. Herry Nurdi
7.
Anggota
:
Ust. Abdul Ghani Shamsudin (Malaysia)
8.
Anggota
:
Ust. DR. Mohammad Azmi Abdul Hamied (Malaysia)
9.
Anggota
:
Ust. Abdurrahman Sony Sugema

Pengurus AWG
1.
Ketua
:
Agus Sudarmaji
2.
Sekretaris
:
Pitoyo  
3.
Bendahara
:
Roadi Abdullah  
4.
Ketua Bidang I
:
Nurhabibi  
5.
Ketua Bidang II
:
Wahyu Iwa Sumantri  
6.
Ketua Bidang III
:
Wawan Ruswandi  
7.
Ketua Bidang IV
:
Abdul Malik B. Utje  



KEGIATAN

1.
Sosialisasi
:
·     Pengelolaan Website (www.aqsaworkinggroup.com)
·     Penerbitan Jurnal/Bulletin “Cinta Al Aqsa”
·     Penerbitan buku-buku
·     Pelatihan
·     Seminar
·     Konferensi Internasional
·     Longmarch “Cinta Al Aqsa”
·     Tabligh Akbar “Cinta Al Aqsa”
·     Bedah Buku
2.
Penghimpunan Dana & Bantuan
:
·     Penghimpunan Dana untuk Pembebasan Al Aqsa
·     Penghimpunan Bantuan Natura
3.
Membangun Jaringan
:
·     Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka pembebasan Al Aqsa
·     Membangun jaringan kerjasama di antara pihak-pihak yang berjuang untuk pembebasan Al Aqsa (termasuk di dunia maya)
4.
Pemberdayaan
:
·     Melaksanakan Ziarah Al Aqsa
·     Memfasilitasi Beasiswa untuk Mahasiswa/Pelajar Palestina
·     Diklat IT di Bandung untuk warga Palestina
·     Pertukaran Pelajar dengan Palestina
·     Pertukaran budaya dengan Palestina
·     Pertukaran Guru dengan Palestina
·     Pemberdayaan ekonomi Palestina
·     Penyantunan Yatama palestina
·     Membentuk komunitas Friends for Aqsa di Internet
·     Memfasilitasi peredaran komoditas/produk asal Palestina
·     Perjuangan BOYCOTT produk Israel

(Abu Dzakir)





























Tidak ada komentar:

Posting Komentar