Selasa, 22 Mei 2012

AL-QUDS DARI MASA KE MASA


Al Quds di Masa Nubuwwah
Pada tahun 10 kenabian, ketika diwajibkan shalat pada malam Isra’ dan Mi’raj, 3 tahun sebelum hijrah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya radliyallahu ‘anhum, telah shalat  menghadap Masjidil Aqsha.

Kemudian setelah hijrah ke Madinah, masjidil Aqsha tetap menjadi Kiblat umat Islam selama 16 – 17 bulan. Sampai turunnya ayat 150 surat Al Baqarah ketika shalat sedang ditegakkan. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam langsung pindah arah kiblat dan diikuti oleh para sahabatnya. Atas dasar itulah, masjid ini dinamakan masjid qiblatain ( dua kiblat)

Al Quds di Masa Khalifah
  • Dari al Jabiyah, Khalifah Umar bin al Khaththab radliyallahu ‘anhu  bergerak menuju Baitul Maqdis untuk melakukan perjanjian damai dengan kaum nashrani
  • Umar bin al Khaththab radliyallahu ‘anhu mengajukan syarat agar semua elemen kekuasaan Romawi segera meninggalkan Baitul Maqdis dalam waktu tiga hari, sebelum Umar bin al Khaththab masuk ke Masjidil Aqsa lewat pintu yang dimasuki Rasulullah saw pada malam isra’.

Tahun 15 H. Khalifah umar datang bersama seorang khadam dengan 1 kuda, dan khalifah giliran menuntun ketika memasuki gerbang al quds. Diterima langsung oleh pemimpin kota al quds (yerussalem) : seorang Uskup Agung yang bernama Pendeta Xeverinus, orang Arab menyebutnya Shophronius.
Umar bin al Khaththab radliyallahu ‘anhu lalu melakukan shalat tahiyatul masjid yang dilanjutkan dengan shalat subuh bersama umat Islam lainnya.
Pada rakaat pertama Umar bin al Khaththab membaca Surat Shad yang di dalamnya terdapat ayat sajdah, dan pada rakaat kedua Umar bin al Khattab membaca Surat al Isra’

Al Quds di masa Mulkan
1.      614 M ---Yerusalem jatuh dan dikuasai oleh Persia. (QS. Ar-Ruum : 2)
2.      629 M –Romawi Bizantium berhasil merebut   kembali kota Yerusalem dari Persia.
3.      638 M/15 H. – Khalifah Umar telah berhasil merebut Yerusalem dan menerima penyerahan kunci Yerusalem langsung dari Sophronius.
4.      1096 M. ---Jatuh ke tangan Salibis (Nasrani) dengan komando Paus Urbanus II
5.      1128-1187 M./ 521-589 H.----Kembali ke pangkuan muslimin melalui proses selama 88 th (M)/91 th (H).  Mulai dari Imaaduddin Zanky, Nuruddin Zanky dan akhirnya Shalahuddin al-Ayubi.
 27 Rajab 583 H./2 Oktober 1187 M. Fathul Aqsha / Al-Quds (Muslimin Memasuki Al-Quds)
4 Sya’ban 583 H. / 9 Oktober 1187 M. Khutbah Jum’at Perdana Ba’da Futuh, Khatib : Imaam MUHYIDDIN ZANKY

Al Quds setelah Runtuhnya “Khilafah Islamiyyah” Turki Utsmani
}  1948 M :
}  Nakbah (Tragedi Pengusiran Muslim Palestina)          
Juni 1967 M.
Zionis Israel memasuki Yerusalem
             
}  7 Juni 1967 M : Naksah
Zionis Israel
Memasuki Baitul Maqdis dan Mengusir Muslim Palestina
Kebiadaban Zionis terus berlangsung hingga kini.
(Ust. Wahyudi KS. )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar