Minggu, 04 Desember 2011

DAUROH TAHFIDZUL QUR'AN 2 BULAN BERSAMA GAZA

Dauroh Tahfidzul Quran 2 bulan

Dalam upaya meningkatkan kecintaan kepada Al-Quran sebagai Pedoman Hidup muslim, Jama’ah Muslimin (Hizbullah) terus mengupayakan pembinaan membaca dan menghafal Al-Quran melalui program Tahfidzul Quran. Alhamdulillah, dalam beberapa tahun terakhir ini, telah lahir beberapa Hafidz Al-Quran terutama dari Tahfidzul Quran Lampung. Hal tersebut juga merupakan tanggung jawab di hadapan Allah dalam memelihara dan mengamalkan kandungan Al-Quran, sesuai dengan firman Allah :

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
Artinya : “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. (QS Al-Hijr : 9).

Maka, kita seluruh warga Jama’ah Muslimin (Hizbullah) berkewajiban untuk dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar, meningkatkan hafalan Al-Quran, dan mengamalkannya dalam kehidupan akhlak sehari-hari. Sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

كما كان النبي صلى الله عليه وسلم فقد سُئلت السيدة عائشة- رضي الله عنها- عن خلق رسول صلى الله عليه وسلم فقَالَتْ: أَلَسْتَ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ؟ قُلْتُ: بَلَىَ. قَالَتْ: “فَإِنّ خُلُقَ نَبِيّ اللّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ الْقُرْآنَ

Artinya : “Sebagaimana akhlak Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ketika Aisyah ditanya tentang akhlak Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam beliau berkata : “Bukankah kalian membaca Quran?” Saya berkata, “Demikianlah”. Ia berkata, “Maka sesungguhnya akhlak Nabi adalah Al-Quran” (HR Muslim).

Di samping itu, karena dengan berpegang teguh pada Al-Quran merupakan sumber kekuatan dan jaminan kejayaan Muslimin. Juga karena belajar dan mengajarkan Al-Quran merupakan amalan yang mulia. Sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ مَأْدُبَةُ اللهِ فَتَعَلَّمُوا مَأْدُبَةَ اللهِ مَا اسْتَطَعْتُمْ ، إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ حَبْلُ اللهِ وَهُوَ النُّور الْمُبِينُ ، وَالشِّفَاءُ النَّافِعُ ، عِصْمَةٌ لِمَنْ تَمَسَّكَ بِهِ وَنَجَاةٌ لِمَنْ تَبِعَهُ

Artinya : “Sesungguhnya Al-Quran ini adalah hidangan Allah, oleh karena itu hendaklah kamu menyebutnya dengan kekuatan yang kamu mampu menyebutnya. Sesungguhnya Al-Quran ini adalah tali Allah, cahaya yang terang benderang dan penawar yang berguna. Penjaga kepada siapa yang berpegang kepadanya, jaminan kejayaan bagi yang mengikutinya.” (Al-Hakim).

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفْوَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ:خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَ عَلَّمَهُ

Artinya : Dari Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘Anhu, berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya”. (HR Bukhari).

Kemudian, melalui informasi ikhwan-ikhwan kita yang sedang berjihad di Jalur Gaza, Palestina, diberitakan bahwa di Gaza secara rutin diselenggarakan Daurah Tahfidzul Quran pada musim panas, yang menghasilkan para Hufadz dalam tempo sekitar tiga bulan hafidz 30 Juz. Bahkan pada musim panas tahun lalu, telah diwisuda sekitar 24 ribu Hafidz Al-Quran di Gaza. Subhaanallaah.

Informasi tersebut kemudian dimusyawarahkan di tingkat Dewan Imaamah di Pusat Cileungsi, dan dikomunikasikan dengan pengelola program Tahfidzul Quran di Gaza, yakni Ma’had Daar Al-Quran Al-Karim wa Sunnah Gaza. Pada intinya Jama’ah Muslimin (Hizbullah) meminta kesediaan Pimpinan/Mudir dan para pengajar di Gaza untuk beramal sholih menyebarkan ilmu dan pengalamannya dalam mengelola program Tahfidzul Quran bagi ikhwan-ikhwan di Indonesia. Alhamdulillah, permohonan kita disambut dengan baik, dan para hufadz tersebut berkenan untuk hadir di Indonesia selama sekitar dua bulan untuk mengajar dan mempraktikkan bagaimana membaca Al-Quran dengan baik dan benar, serta bagaimana meningkatkan kualitas metode menghafal Al-Quran dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga dengan demikian, kemampuan membaca Al-Quran di kalangan ikhwan-ikhwan dapat meningkat serta bertambah banyak bermunculan para hufadz Al-Quran di dalam Jama’ah. Hingga nantinya muncul kecintaan ikhwan-ikhwan pada Al-Quran secara merata dan memasyarakat. Insya Allah.

Oleh karena itu, dalam rangka mensyukuri karunia yang Allah berikan kepada kita tersebut, setelah dikoordinasikan dengan Gaza, dan visa juga sudah diurus, insya Allah Mudir dan Staf Pengajar Ma’had Daar Al-Quran Al-Karim wa Sunnah Gaza akan mengajar di Ma’had Al-Fatah Muhajirun dalam Program “Dauroh Tahfidzul Quran”. Insya Allah Dauroh akan diselenggarakan pada :

-Waktu : 1 Shafar s.d. 30 Rabiul Awwal 1433 H. / 26 Desember 2011 s.d. 23 Februari 2012 M. (sekitar 2 bulan)
-Tempat : Ma`had Al Fatah, Muhajirun, Natar, Lampung Selatan.
-Mudarris : Tim Pengajar Daar Al Qur`an Al Karim wa Sunnah Gaza:
1. Dr. Syaikh Abdalrahman Y.A. Aljamal Al-Hafidz
(Mudir Daar Al Qur`an Al Karim wa Sunnah, Gaza)
2. Dr. Haifaa A.I. Aljamaah Al-Hafidzoh
(Pengajar Daar Al Qur`an Al Karim wa Sunnah, Gaza)
3. Staf Pengajar Muslimin Daar Al Qur`an Al Karim wa Sunnah, Gaza.
4. Staf Pengajar Muslimat Daar Al Qur`an Al Karim wa Sunnah, Gaza
-Peserta : Umaro/Utusan Wilayah/Niyabah/Riyasah, Pengajar/Pembina/peserta Tahfidzul Qur`an, Santri/Mahasiswa/ikhwan/akhwat umum.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mengamanahkan kepada Waliyul Imaam di seluruh Wilayah beserta segenap umaronya untuk semaksimal mungkin mengerahkan ikhwan/akhwatnya untuk dapat mengikuti Dauroh Tahfidzul Quran tersebut dengan sebaik-baiknya. Mungkin akan berpengaruh pada amanah dan keluarga yang bersangkutan di Wilayah/Niyabah/Riyasah/Tarbiyah setempat. Akan tetapi insya Allah, kita percaya pada Kekuasaan Allah yang telah menurunkan Al-Quran, Allah akan memberikan keberkahan, kemenangan, dan keberuntungan kepada kita sekalian karena kita berupaya memperhatikan, mencintai, membaca dan menghafal Al-Quran melalui Dauroh tersebut.

Kita pantas malu dan introspeksi diri, para syeikh datang jauh-jauh dari Palestina bumi yang diberkahi, kalau kita tidak menyambut mereka dengan gembira dan sungguh-sungguh. Oleh karenanya, kami minta dengan sangat agar Waliyul Imaam/Naibul Imaam/Amir Riyasah/Mudir-Rois Al-Fatah, agar mengirim ikhwan/akhwatnya pada Daurah Tahfidzul Quran tersebut. Mohon ditentukan ikhwan/akhwat yang memang ingin dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar, ingin menghafalkan Al-Quran, serta siap mengamalkan ilmunya nanti di Wilayah/Niyabah/Riyasah/Al-Fatah/tempat masing-masing.

Selanjutnya, biodata calon peserta Dauroh harap dikirim ke Lajnah Daurah Pusat paling lambat 14 Muharram 1433 H. / 10 Desember via email: mujahid_khil@yahoo.co.id, cc/tembusan ke kutabpusat@gmailcom, atau faks ke Maktab ‘Am Cileungsi : 021-824-989-33.

jazakumullahu khoira.

Ket. Lebih lanjut silakan hub Lajnah : 021 - 824 989 33, 0821 22 684 683
(Copas:Aqsa Working Group (AWG) International Secretariate ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar