Kamis, 05 Januari 2012

KETAKUTAN SANG KHALIFAH

Umar bin Abdul Aziz ra berkata ketika ditanya oleh isterinya Fatimah, mengapa ia menangis,
"Celakalah engkau wahai Fatimah, sesungguhnya aku telah dijadikan pemimpin bagi urusan umat ini, aku berfikir tentang orang fakir dan lapar, orang sakit yang terlantar, orang yang telanjang yang kesulitan, anak yatim yang tidak terpelihara", ujarnya.


Selanjutnya, Umar terus berkata, "Orang yang dianiaya dan dipaksa, orang asing, orang tawanan, orang tua, janda yang menyendiri, orang yang memiliki beban keluarga yang banyak, rezeki yang sedikit dan orang-orang seperti mereka di seluruh muka bumi ini. Kemudian, aku menyadari bahwa Tuhanku akan bertanya kepadaku tentang mereka di hari kiamat dan bahwa musuhku di bawah mereka adalah Nabi Muhammad Shallahu alaihi wassalam, aku menjadi kawatir kalau aku tidak memiliki hujjah yang kuat, oleh karena itu, aku menangis", keluh Umar bin Abdul Aziz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar