Senin, 03 Desember 2012

LEBIH DARI 40.000 PENGHAFAL QUR'AN DI BAWAH PENGAWASAN HQMIO


       Jeddah, 18 Muharram 1434/02 Desember 2012 (PENGAWAL KHILAFAH) - Lebih dari 40.000 orang penghafal Al-Qur'an berada di bawah pengawasan Holy Qur’an Memorization International Organization (HQMIO) di seluruh dunia sejak HQMIO didirikan.

      Menurut laporan tahunan HQMIO, organisasi menawarkan dukungan ke sejumlah lembaga Qur'an dan perguruan tinggi di berbagai belahan dunia.
      HQMIO juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti kontes menghafal tingkat lokal maupun internasional di wilayah Asia, Afrika dan Eropa.
      Sekretaris Jenderal dari HQMIO Abdullah Al-Basfar mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Saudi Press Agency, HQMIO menyelenggarakan 15 program untuk melatih dan menguji Muslim dalam menghafal kitab suci umat Islam itu di tiga wilayah benua Asia, Afrika dan Eropa.
      "Pada program musim panas tahun ini, HQMIO telah menghasilkan 4.771 penghafal Al-Qur'an. Kursus ini dilakukan oleh para ahli khusus dalam bahasa Arab dan Ilmu Al Qur'an, " kata Al-Basfar saat menympaikan laporan tahunan kinerja organisasi tahun 2012.
      Dia menjelaskan,  organisasinya juga sudah mengadakan upacara wisuda bagi mereka yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an dan program baca Al-qur'an di negara mereka masing-masing dengan kehadiran para pejabat tinggi dan wakil-wakil organisasi.
     "Tujuannya untuk mendorong mereka agar mempelajari kitab suci Al Qur’an dan menyebarkan semangat persaingan yang terhormat di antara mereka", kata Basfar.
       HQMIO telah memberikan 902 beasiswa untuk sarjana dan pascasarjana program studi Al-Qur'an, 631 mahasiswa hukum Islam dan 249 Mahasiswa dari berbagai ilmu Islam.
       Sebagai bagian dari rencana organisasinya menyediakan sahur untuk mahasiswa kurang mampu pada bulan Ramadan, juga membagi-bagikan baju baru untuk 5.300 mahasiswa pada kesempatan Idul Fitri, selain memasok para penghafal Al-Quran dengan daging kurban senilai SR 1.217.000 (sekitar Tiga Miliar Rupiah) selama setahun tahun.
       HQMIO juga mengirimkan 694 imam ke masjid-masjid di 34 negara untuk memimpin shalat Tarawih selama bulan Ramadhan.
       Organisasi ini juga mengirimkan 116.220 salinan Al-Qur'an ke berbagai lembaga di sejumlah negara untuk kepentingan dosen dan mahasiswa.
       HQMIO juga menyelenggarakan acara untuk menghormati peserta dalam program dan kegiatan lainnya yang dilakukan oleh HQMIO selain menandatangani nota kesepahaman dengan sejumlah organisasi.
       Laporan HQMIO ini juga menguraikan kegiatan lainnya termasuk upaya media, karya penelitian, publikasi -salah satunya membuat sebuah website-, mengadakan pameran dan penyajian program televisi.
      HQMIO adalah sebuah organisasi amal internasional dengan legal hukum yang berafiliasi dengan Liga Muslim Dunia (World Muslim League).  Organisasi yang berbasis di Jeddah ini didirikan pada tahun 2000. HQMIO mencurahkan upayanya untuk melayani Al-Qur'an yang mulia dan semua disiplin ilmu yang terkait di dunia. (MINA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar