Sabtu, 17 September 2011

AL QUR'AN PETUNJUK KE SHIROTHOL MUSTAQIIM

  إِنَّ هَـذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْراً كَبِيراً


"Sesungguhnya Al Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar," (QS. Al-Israa'(17): 9).


فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُواْ بِاللّهِ وَاعْتَصَمُواْ بِهِ فَسَيُدْخِلُهُمْ فِي رَحْمَةٍ مِّنْهُ وَفَضْلٍ وَيَهْدِيهِمْ إِلَيْهِ صِرَاطاً مُّسْتَقِيماً

"Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (surga) dan limpahan karunia-Nya. Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepada-Nya. " (QS. An-Nisaa'(4): 175).

وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحاً مِّنْ أَمْرِنَا مَا كُنتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَكِن جَعَلْنَاهُ نُوراً نَّهْدِي بِهِ مَنْ نَّشَاء مِنْ عِبَادِنَا وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
"Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Qur'an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Qur'an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus." (QS. Asy Syuura (42): 52).


يَهْدِي بِهِ اللّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلاَمِ وَيُخْرِجُهُم مِّنِ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
"Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus." (QS. Al Maidah (5): 16).

 وَأَنَّ هَـذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيماً فَاتَّبِعُوهُ وَلاَ تَتَّبِعُواْ السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَن سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُم بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
"dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain) , karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa." (QS. Al-An'am (6): 153).


وَكَيْفَ تَكْفُرُونَ وَأَنتُمْ تُتْلَى عَلَيْكُمْ آيَاتُ اللّهِ وَفِيكُمْ رَسُولُهُ وَمَن يَعْتَصِم بِاللّهِ فَقَدْ هُدِيَ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
"Bagaimanakah kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus." (QS. Ali Imran (3): 101).

فَاسْتَمْسِكْ بِالَّذِي أُوحِيَ إِلَيْكَ إِنَّكَ عَلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ 
"Maka berpegang teguhlah kamu kepada agama yang telah diwahyukan kepadamu. Sesungguhnya kamu berada di atas jalan yang lurus." (QS Az-Zukruf (43): 43).

وَهَـذَا صِرَاطُ رَبِّكَ مُسْتَقِيماً قَدْ فَصَّلْنَا الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَذَّكَّرُونَ 
"Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran." (QS. Al-An'am (6): 126).



قَالُوا يَا قَوْمَنَا إِنَّا سَمِعْنَا كِتَاباً أُنزِلَ مِن بَعْدِ مُوسَى مُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ يَهْدِي إِلَى الْحَقِّ وَإِلَى طَرِيقٍ مُّسْتَقِيمٍ
"Mereka berkata: "Hai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan kitab (Al Qur'an) yang telah diturunkan sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan kepada jalan yang lurus." (QS Al-Ahqaf (46): 30).


قُلْ هَـذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَاْ وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللّهِ وَمَا أَنَاْ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
"Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik"." (QS. Yusuf (12): 108).


URAIAN

AL-ISRA': 51    yang tertera di atas itu menunjukkan bahwa Al Qur'an itu menunjukkan dan memimpin manusia ke arah jalan yang lurus, jalan yang tidak bengkok.

AN-NISAA: 175     bahwa telah datang kepada manusia satu keterangan yang nyata dari Allah, dan Allah telah menurunkan kepada manusia satu cahaya yang terang, yaitu Al Qur'an. Oleh sebab itu, maka orang-orang yang percaya kepada Allah dan berpegang teguh kepada Al Qur'an, mereka akan dimasukkan-Nya ke dalam rahmat dan karunia-Nya ke jalan yang lurus. Dengan ini jelaslah kiranya bahwa orang yang memperoleh petunjuk dan pimpinan ke jalan yang lurus itu ialah orang yang berpegang teguh kepada Al Qur'an yang mulia ini.

ASY-SYURA 52     Al Qur'an yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam itu, telah dijadikan-Nya sebagai cahaya (penerangan), yang dengan Al Qur'an itu Allah menunjuki dan memimpin siapa-siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sesungguhnya Nabi Muhammad itu menunjuki/memimpin kepada jalan yang lurus, dengan Al Qur'an itu.


AL-MAIDAH: 16     Menunjukkan, bahwa dengan Al Qur'an itu Allah menunjuki dan memimpin orang yang menurut keridhaan-Nya kejalan keselamatan., dan mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya yang terang dengan izin-Nya, dan menunjuki  atau memimpin mereka kepada jalan yang lurus. Dengan ini jelaslah bahwa orang yang mengikut pimpinan Al Qur'an itu akan mendapat pimpinan ke jalan yang lurus.


AL-AN'AM: 153     Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam diperintahkan untuk menyatakan oleh Allah kepada segenap ummatnya tentang jalan yang lurus, yang mereka diperintahkan supaya mengikutnya, dan jangan mengikut kepada jalan-jalan lainnya. Karena kalau orang yang mengikuti jalan -jalan yang lain, niscaya terpisahlah dari jalan yang lurus yang telah ditunjukkan oleh Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam.


ALI IMRAN: 101     Barang siapa yang berpegang teguh dengan pimpinan Allah, yaitu Al-Qur'an yang dibacakan oleh Nabi Muhammad, maka ia pasti ditunjukkan kepada jalan yang lurus.


AZ-ZUKHRUF: 43     Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam diperintahkan supaya berpegang teguh kepada apa yang telah diwahyukan kepadanya, yaitu Al Qur'an, karena dengan berpegang teguh kepada Al Qur'an, ia tetap di atas jalan yang lurus. Dan beliau sendiri pernah diperintahkan oleh Allah untuk emnyatakan firman Allah:
إِنَّمَا أَتَّبِعُ مَا يِوحَى إِلَيَّ مِن رَّبِّي هَـذَا بَصَآئِرُ مِن رَّبِّكُمْ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ 
"Sesungguhnya aku hanya mengikut apa yang diwahyukan dari Tuhanku kepadaku. Al Qur'an ini adalah bukti-bukti yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS. Al-A'raf (7): 203).


AL-AN'AM: 126     Menunjukkan akan jalan Allah yang lurus telah Allah bentangkan dengan ayat-ayat-Nya kepada orang-orang yangsuka memperhatikan dan mau mengambil pelajaran.


AL-AHQAF: 30     Menerangkan pengakuan serombongan jin yang mendengarkan ayat-ayat dari Al Qur'an yang tengah dibaca oleh Rasulullah di kala itu. Mereka dengan tegas antara lain menyatakan, bahwa ayat-ayat yang didengarnya itu menunjukkan kepada kebenaran dan jalan yang lurus.


YUSUF: 108     Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam di perintah oleh Allah supaya menyatakan kepada ummat manusia tentang jalan yang dilaluinya, yang beliau serukan. Jalan yang dilalui Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan orang yang telah mengikuti beliau itu adalah di atas pengertian, diatas keterangan yang jelas, bukan dengan membuta saja sebagaimana yang biasa dilalui atau diturut oleh kebanyakan ummat manusia, yang mereka itu masih suka menyekutukan Allah dan diperbudak oleh hawa nafsu dan fikiran mereka sendiri.


KESIMPULAN

Dengan ayat-ayat yang tertera di atas , jelaslah bagi kita bahwa dengan Al Qur'an-lah orang akan mendapat petunjuk dan pimpinan ke jalan yang lurus, yaitu jalan yang terkenal dengan "SHIROTHOL MUSTAQIIM".


Sumber: Kitab "KEMBALI KEPADA AL-QUR'AN DAN AS-SUNNAH" karya H. Moenawar Chalil.
Sumber Al-Qur'an terjemahan : www.indoquran.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar